Senin, 12 Agustus 2019

15 Tips Media Sosial untuk Bisnis Kecil


Tahukah Anda bahwa rata-rata pengguna media sosial menghabiskan 135 menit setiap hari di platform media sosial? Sebagai pemilik usaha kecil, ini berarti bahwa ini adalah cara yang bagus untuk menjangkau pelanggan potensial dan Anda saat ini.



Tetapi jika Anda belum melakukan banyak pemasaran media sosial sebelumnya, mungkin sulit untuk mengetahui bagaimana memulainya. Anda memiliki begitu banyak hal di piring Anda dan ini mungkin tampak seperti proyek yang terlalu besar untuk dilakukan.

Yang benar adalah bahwa ada hal-hal yang dapat ditindaklanjuti yang dapat Anda lakukan mulai sekarang untuk memulai upaya pemasaran media sosial Anda. Dan mereka akan membayar!

Kami telah mengumpulkan 15 tips media sosial untuk peluang bisnis online kecil yang Anda butuhkan untuk memulai. Lihat di bawah.

1. Fokus pada Satu Jaringan untuk Memulai
Daftar platform media sosial populer panjang: Facebook, Instagram, Twitter, Pinterest, Snapchat, LinkedIn. Dan kebenarannya adalah ia terus tumbuh.

Jadi ketika Anda baru memulai dengan media sosial, jangan mencoba dan memiliki kehadiran aktif di setiap jaringan. Jumlahnya terlalu banyak sehingga lebih baik berfokus pada kualitas daripada kuantitas.

Lakukan riset dan lihat platform apa yang paling masuk akal bagi Anda karena Anda baru memulai. Apakah Anda tertarik berbagi posting berbasis fotografi? Instagram adalah pilihan terbaik untuk itu.

Jika Anda ingin memposting beberapa pembaruan singkat setiap hari, Twitter mungkin cocok untuk Anda. LinkedIn adalah tempat bisnis terhubung paling baik dengan bisnis lain.

Tidak masalah tujuan Anda, pikirkan hal-hal ini dan kemudian pilih jaringan mana yang terbaik untuk Anda.

2. Tentukan Tujuan Anda
Dengan kampanye pemasaran digital apa pun , sangat penting bagi Anda untuk mulai dengan menentukan tujuan. Tanpa tujuan yang jelas, Anda tidak akan memiliki arahan. Hal yang sama juga berlaku untuk pemasaran media sosial Anda.

Apa yang ingin Anda capai dengan upaya media sosial Anda? Apakah Anda ingin mendirikan perusahaan Anda sebagai ahli di bidang Anda? Apakah Anda ingin menghasilkan arahan?

Mungkin Anda ingin terus memperbarui informasi tentang pelanggan.

Putuskan apa tujuan utama Anda dan kemudian buat rencana. Buat beberapa sasaran SMART yang mudah dilacak. Dan kemudian mulai!

3. Kenali Audiens Anda
Ini adalah salah satu kiat media sosial paling penting untuk bisnis. Mengetahui audiens Anda akan memberi Anda arahan tentang apa yang akan dikirim dan topik konten.

Anda akan ingin memahami usia, jenis kelamin, lokasi, sasaran, dan penghasilan rata-rata audiens Anda. Bagaimana Anda dapat menemukan informasi ini?

Jawabannya sederhana: riset pasar.

Mulailah dengan menghadirkan personas untuk pelanggan Anda. Ini adalah kualitas konsumen ideal Anda.

Anda dapat melakukan ini dengan melakukan survei, kelompok fokus, dan wawancara pelanggan. Kemudian setelah Anda memiliki data demografis ini, cari tren. Ini akan memberi Anda gambaran tentang informasi rata-rata konsumen Anda.

Kemudian, setelah Anda mengetahui hal ini, Anda akan memiliki gagasan yang lebih baik tentang jaringan mana yang akan digunakan dan jenis konten yang paling menarik bagi audiens Anda.

4. Selalu Terlibat dengan Audiens Anda
Ketika berbicara tentang media sosial, selalu ingat bahwa ini adalah jalan dua arah. Anda akan memiliki kemampuan untuk mengirimkan konten tetapi audiens Anda juga akan dapat berkomentar, meninggalkan pertanyaan, dan mengirim pesan langsung.

Anda ingin memberikan layanan pelanggan yang hebat dalam situasi ini dengan cepat menanggapi semua komentar dan pesan. Pastikan Anda mengatur pemberitahuan di aplikasi media sosial Anda sehingga Anda selalu melihat ketika seseorang terlibat dengan posting Anda.

Anda juga akan mendapatkan komentar negatif dari waktu ke waktu dari pelanggan yang frustrasi. Selalu merespons dengan cara yang positif dan bermanfaat karena orang lain akan melihat respons Anda.

5. Konsistensi adalah Kunci
Salah satu pertanyaan terbesar yang diajukan pemilik usaha kecil ketika memulai dengan media sosial adalah seberapa sering mereka harus memposting. Sebenarnya, tidak ada satu jawaban.

Setiap industri berbeda dan perusahaan telah menemukan kesuksesan dengan semua jenis jadwal penerbitan. Yang terbesar adalah konsisten.

Ini semua tentang keseimbangan. Anda ingin memposting cukup sehingga Anda tetap di atas pikiran audiens Anda, tetapi Anda selalu ingin mengganggu.

Juga, ingat bahwa setiap jejaring sosial memiliki norma yang berbeda untuk memposting. Di Twitter, benar-benar oke untuk berkicau beberapa kali sehari. Di Instagram, meskipun sekali atau dua kali lebih baik.

6. Pisahkan Akun Bisnis dan Pribadi Anda
Ini mungkin tampak jelas, tetapi terlalu banyak perusahaan tidak mengikuti saran sederhana ini. Selalu pisahkan akun bisnis dan pribadi Anda.

Dengan cara ini, pengikut atau pelanggan Anda hanya akan melihat konten yang terkait dengan perusahaan Anda. Mereka tidak ingin diperbarui di pesta keluarga Anda atau melihat semua foto liburan Anda.

Lebih profesional jika semuanya terpisah. Ini akan membuat bisnis Anda tampak jauh lebih sah.

7. Tambahkan Anggaran Waktu ke Daftar Tips Media Sosial Anda untuk Usaha Kecil
Jika Anda menggunakan media sosial untuk penggunaan pribadi, Anda mungkin terbiasa dengan betapa mudahnya membuang waktu untuk menggulirkan umpan berita Anda.

Satu detik Anda baru saja membuka aplikasi Anda dan 30 menit kemudian Anda melihat ke atas dan menyadari sudah berapa lama. Meskipun ini baik-baik saja pada waktu pribadi Anda, Anda tidak ingin ini terjadi selama hari kerja ketika Anda memiliki banyak proyek lain untuk diselesaikan.

Alih-alih, buat anggaran waktu media sosial. Pilih waktu setiap hari untuk memeriksa akun Anda, memposting konten baru, dan untuk menanggapi komentar.

8. Manfaatkan Bio Anda
Hampir setiap jaringan media sosial memiliki bagian bio. Di sinilah Anda dapat menampilkan sedikit informasi tentang bisnis Anda dan informasi kontak Anda. Jangan biarkan ruang ini sia-sia!

Anda harus memasukkan yang berikut ini:

Logo Anda
Deskripsi singkat tentang apa yang Anda lakukan
Nomor telepon Anda
Tautan ke situs web Anda
Alamat Anda perlu
9. Memanfaatkan Visual
Visual seperti foto dan video akan membuat posting Anda jauh lebih menarik. Faktanya, satu penelitian menemukan bahwa tweet dengan gambar menghasilkan hingga 18 persen lebih banyak klik, 89 persen lebih banyak favorit, dan 150 persen lebih banyak retweet.

Jadi kapan pun Anda bisa, sertakan konten foto atau video dengan kiriman Anda

Ingin bantuan lebih lanjut dengan konten media sosial Anda? Lihat smartsocialkits.com .

10. Ingat Aturan 80/20
Berbicara tentang konten Anda, berikut adalah hal lain yang harus Anda ingat. 80% dari posting Anda harus memberikan sesuatu yang bernilai kepada pengikut Anda.

Konten berharga ini dapat mencakup infografis, wawancara video, atau posting blog.

Tidak apa-apa jika 20% lainnya lebih bersifat promosi diri. Ini dapat mencakup informasi tentang penawaran saat ini, produk baru, atau perubahan perusahaan lainnya.

11. Tunjukkan Kepribadian
Dalam semua yang Anda lakukan di media sosial, ingatlah bahwa menunjukkan kepribadian adalah hal yang baik. Di sinilah Anda dapat memanusiakan merek Anda.

Jangan terjebak dalam kebiasaan menggunakan hanya bahasa perusahaan formal dan sebaliknya biarkan dinding Anda sedikit.

Sangat menyenangkan memiliki selera humor. Anda juga dapat menampilkan beberapa gambar atau video di balik layar tentang bisnis Anda di sini.

12. Belajar dari yang Terbaik
Salah satu cara untuk memulai dengan media sosial adalah belajar dari mereka yang lebih berpengalaman. Luangkan waktu di platform yang Anda pilih dan ikuti merek lain di industri Anda. Apa yang mereka lakukan yang berhasil?

Pelajari juga beberapa merek terbesar di dunia seperti Coca-Cola, Nike, atau Apple. Bagaimana mereka menggunakan media sosial?

Anda bisa belajar banyak dari menonton.

13. Jangan Konfrontasional
Meskipun Anda harus bersenang-senang dengan media sosial Anda, Anda tidak boleh bersikap konfrontatif. Di akun bisnis Anda, jangan pernah menyerang pesaing Anda atau curhat tentang industri Anda.

Hindari masalah politik sebanyak mungkin dan jangan terlibat dalam konfrontasi dengan pelanggan yang meninggalkan komentar negatif.

Dan jika Anda memiliki karyawan yang mem-posting untuk perusahaan Anda, pastikan mereka juga terlatih dalam bidang-bidang ini. Anda tidak ingin citra merek Anda ternoda oleh aktivitas media sosial yang tidak pantas.

14. Jangan Mengotomatiskan
Perangkat lunak otomatisasi media sosial adalah alat yang hebat yang dapat Anda gunakan. Ini dapat membantu Anda menjadwalkan posting Anda sebelumnya dan mendapatkan metrik terperinci tentang hasil Anda.

Ini bisa sangat membantu untuk strategi media sosial Anda secara keseluruhan.

Namun, berhati-hatilah untuk tidak mengotomatisasi. Jangan biarkan perangkat lunak otomasi Anda menanggapi komentar orang. Sangat mudah untuk diperhatikan ketika respons yang dihasilkan komputer digunakan.

15. Tes, Evaluasi, dan Sesuaikan
Dengan kampanye pemasaran apa pun, Anda harus selalu mengevaluasi hasil Anda dan kemudian menyesuaikannya. Lihatlah jumlah klik dan jumlah kunjungan halaman.

Bagi sebagian besar peluang jualan online, metrik terbesar untuk diperhatikan adalah konversi. Apakah Anda ingin prospek atau penjualan, Anda harus memperhatikan hasil Anda.

Jika tidak bagus, buat beberapa penyesuaian dan terus uji. Sangat penting untuk tidak menyerah. Banyak pemasaran media sosial adalah trial and error.

Jadi pikirkan beberapa ide tentang bagaimana meningkatkan dan mencobanya!

Pikiran terakhir
Sekarang setelah Anda membaca tips media sosial ini untuk bisnis kecil, apa yang akan Anda lakukan selanjutnya?

Saatnya memilih kiat favorit Anda dan mencobanya. Dan sebelum Anda menyadarinya, Anda akan menjadi pro pemasaran media sosial.

0 komentar:

Posting Komentar