Kamis, 27 Agustus 2020

5 Tips untuk Mata Sehat

Kita yang memiliki mata sehat dan penglihatan yang bagus biasanya meremehkan kesehatan mata kita. Namun, untuk memastikan mata kita tetap sehat dan kuat di usia tua, penting untuk menjaganya.

Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk membantu memastikan mata Anda bisa sesehat mungkin mulai hari ini. Baca terus untuk 5 tip bagus dalam membantu menjaga kesehatan mata Anda.



Vitamin

Mata membutuhkan nutrisi untuk tetap sehat, dan nutrisi yang kaya asam lemak omega-3, seng, lutein, serta vitamin C dan E sangat bagus untuk kesehatan mata. Makan makanan yang kaya nutrisi ini secara teratur akan membantu menangkal masalah penglihatan terkait usia seperti katarak dan pilihan tepat unruk lensa degenerasi makula. Makanan yang kaya nutrisi ini antara lain ikan berminyak seperti salmon dan tuna, sayuran berdaun seperti kangkung dan bayam, protein non-daging seperti telur, kacang-kacangan dan kacang-kacangan, serta buah dan jus jeruk.

Gaya hidup sehat

Gaya hidup sehat yang mencakup pola makan dan olahraga yang baik adalah suatu keharusan bagi tubuh Anda, termasuk kesehatan mata Anda. Pastikan untuk memperhatikan berapa banyak alkohol yang Anda konsumsi dan jika Anda merokok, cobalah untuk berhenti. Merokok meningkatkan peluang Anda terkena katarak, degenerasi makula dan kerusakan optik.

Lindungi mata

Melindungi mata Anda dari zat yang merusak dan matahari harus menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari Anda. Selalu kenakan kacamata pengaman saat bekerja dengan bahan kimia atau mesin, dan selalu kenakan kacamata hitam berkualitas baik yang menghalangi persentase tinggi dari sinar UVA dan UVB. Kenakan kacamata pelindung saat berenang dan kenakan pelindung mata saat bermain olahraga tertentu seperti hoki es.

Kurangi waktu layar

Mengurangi waktu layar termasuk menonton televisi serta menatap layar komputer. Aktivitas ini dapat menyebabkan kelelahan mata dan mata kering. Itu juga bisa mempengaruhi penglihatan jarak jauh Anda. Efek samping lain dari terlalu banyak waktu menatap layar adalah sakit kepala dan nyeri tubuh seperti sakit leher dan punggung. Dengan mengurangi waktu layar Anda, Anda tidak hanya akan membantu kesehatan mata Anda, tetapi juga kesehatan seluruh tubuh Anda.

Kunjungi Ahli Kacamata

Jika Anda menyadari bahwa penglihatan Anda tidak sebaik dulu, seperti tidak dapat melihat sesuatu dari jauh, atau tidak dapat membaca dengan baik, maka inilah saatnya mengunjungi dokter mata. Seorang dokter mata akan melakukan pemeriksaan mata menggunakan grafik dan warna untuk menguji bagaimana penglihatan Anda. Jika penglihatan pandangan pendek atau panjang terpengaruh, dokter mata dapat memesan sepasang kacamata atau lensa kontak berdasarkan pemeriksaan mata memilih bahan lensa kontak Anda, sehingga Anda dapat melihat dengan jelas kembali.

Kunjungi Dokter Mata

Mengunjungi dokter mata untuk pemeriksaan mata dapat membantu menjaga kesehatan mata Anda. Jika Anda menyadari bahwa mata Anda terinfeksi atau memiliki masalah lain seperti katarak yang berkembang, kunjungi dokter mata sesegera mungkin karena ini dapat membantu menyelesaikan masalah lebih awal dan kesehatan mata Anda kembali baik.

0 komentar:

Posting Komentar